Siapa Penemu Generator Arus Listrik Sebenarnya?

Tahukah Anda siapa penemu generator arus listrik? Banyak nama yang mencuat dengan berbagai opini dan fakta pendukungnya. Masing-masing ternyata punya kontribusi pada generator arus listrik yang digunakan saat ini.

Generator merupakan salah satu komponen listrik yang berfungsi menghasilkan energi listrik baik kategori arus listrik searah atau bolak balik, secara standar melalui proses induksi elektromagnetik.

Sejak abad ke-17, ilmuwan sudah mulai menemukan komponen ini dalam bentuk sederhana dan terus diperbaiki kualitas dan kinerjanya.

Antara Faraday, Van de Graaff, Edison, dan Tesla

Empat nama tersebut sering dikaitkan dengan eksistensi generator arus listrik yang saat ini banyak digunakan.

Dari track record masing-masing, mereka memang punya kontribusi yang tak bisa dipandang sebelah mata. Tapi penemu arus listrik  yang paling mendekati kebenarannya?

Michael Faraday

Pada tahun 1831 pria asal Inggris ini berhasil mencengangkan dunia dengan temuan beda potensial antara ujung konduktor listrik. Alhasil dia membuat generator jenis elektromagnetik, yang menghasilkan arus listrik searah, walaupun jumlahnya relatif kecil.

Artikel Terkait : Sewa Genset Pekanbaru

Tak hanya itu, Faraday juga berjasa dalam berbagai penemuan lain yang berhubungan dengan arus listrik dan induksi listrik jenis timbal balik. Ini sangat berhubungan dengan generator homopolar yang juga ditemukannya beberapa tahun kemudian.

Thomas Alva Edison

Temuan ilmuwan yang satu ini sangat banyak, salah satunya adalah menemukan lampu pijar yang bisa dialiri listrik dan menjadi sumber penerangan.

Dia sangat dikenal sebagai penemu arus DC atau arus listrik searah. Dia bahkan sudah bisa membuat generator DC di masanya.

Nikola Tesla

Lalu hadirlah Nikola Tesla, yang pernah bekerja di perusahaan Thomas Alva Edison. Penemuan Nikola Tesla adalah arus bolak balik atau AC.

Dia pernah berkolaborasi dengan Thomas Alva Edison untuk memperbaiki generator DC milik Edison. Namun karena adanya perselisihan paham, akhirnya Tesla mundur dari perusahaan tersebut.

Tesla terkenal dengan berbagai penemuannya seputar arus bolak balik, termasuk distributor daya polyphase dan generator arus AC.

Dia bahkan dinobatkan sebagai teknisi listrik terhebat di Amerika Serikat pada masa jayanya sekitar tahun 1893.

Robert J. Van De Graaff

Berdasarkan penelusuran informasi dari berbagai sumber, ditemukan fakta bahwa ilmuwan asal Amerika Serikat ini dikenal ketika berhasil menemukan cara memisahkan inti atom tahun 1928. Dimana inti atom itu  menjadi penghasil reaksi pada reaksi nuklir.

Setelah itu penemuan fenomenalnya berhubungan dengan pengembangan listrik statis tahun 1929, yang dialirkan melalui generator listrik rancangan Lord Kelvin.

Jadi intinya dalam penemuan Van De Graaff, ternyata melibatkan hasil karya penemu lain yaitu Lord Kelvin. Walaupun yang tenar setelah itu Van De Graaff.

Kontribusi  Para Penemu Generator Arus Listrik

Dari penjelasan tersebut, dapat disimpulkan jika listrik yang bisa dinikmati sekarang adalah kolaborasi dari beberapa penemu di atas.

Mungkin masih banyak ilmuwan yang berkontribusi. Namun yang mencuat ke permukaan hanya segelintir yaitu empat di atas.

Mereka menemukan generator, arus searah, arus bolak balik, hingga melanjutkan temuan yang sudah ada menjadi lebih baik.

Penemuan-penemuan mereka menghasilkan sebuah masterpiece yang sangat berguna di masa sekarang dan akan datang. Hal inilah yang terus dikembangkan oleh ilmuwan-ilmuwan potensial sampai saat ini.

Itulah informasi yang mungkin bisa menambah wawasan Anda tentang polemik siapa penemu generator arus listrik. Siapapun penemu sebenarnya, yang jelas hasil karya fenomenalnya sudah kita gunakan saat ini dan sangat fungsional untuk berbagai kebutuhan.