Perbedaan Genset 2 dan 4 Tak Menurut Fungsinya

Sama halnya mesin pada motor, genset juga dibagi menjadi dua jenis mesin, yaitu 2 tak dan 4 tak. Lalu apa perbedaan genset 2 tak dan 4 tak serta apa saja keunggulan dari keduanya?

Sebelum mengetahui tentang perbedaan dari mesin 2 tak ataupun mesin 4 tak, mari cari tahu dahulu tentang fungsi genset.

Apa fungsi genset?

Genset adalah sebuah alat yang dapat menghasilkan daya listrik dengan sistem kerja merubah energi kimia dari bahan bakar menjadi energi listrik. Secara sederhana, fungsi genset adalah sebagai pemasok daya listrik ketika sedang terjadi pemadaman dari PLN.

Genset juga dibutuhkan dalam sebuah acara besar seperti hajatan, pesta pernikahan yang butuh pasokan listrik yang besar. Genset juga menjadi salah satu solusi ketika Anda sedang mengerjakan proyek luar ruangan yang jauh dari sumber daya listrik.

Jenis genset menurut bahan bakarnya dibedakan menjadi dua macam, yaitu gasoline generators dan diesel generators. Berikut penjelasan lengkapnya:

Genset diesel generators

Genset ini adalah salah satu jenis genset berbahan bakar diesel. Genset ini mempunyai kapasitas yang cukup besar mulai dari 10.000 hingga mencapai 100.000 watt/100 KVA. Dengan daya yang besar ini, genset diesel kerap digunakan untuk acara besar seperti pernikahan, acara musik dan sebagainya.

Genset ini juga dikenal sebagai genset untuk hajatan, konser, dies natalies dan kegiatan lain yang membutuhkan pasokan daya yang besar.

Genset diesel generators juga mempunyai beragam fitur unggulan seperti double starter, automatic choke, low oil indicator. Selain itu, masih ada juga fitur lainnya sepeti low tank indicator, engine wheel dan remote engine system.

Gasoline generators

Sewa Genset Pekanbaru – Gasoline generators merupakan mesin genset yang mana ia menggunakan bahan bakar utama bensin atau gasoline. Selain bensin, bahan bakar genset juga dapat menggunakan solar yang harganya jauh lebih murah.

Genset gasoline dibedakan menjadi dua macam jenis yaitu mesin tak dan juga mesin 4 tak. Keduanya memiliki perbedaan dan spesifikasi yang berbeda-beda.

Untuk mengetahui perbedaan dari mesin 2 tak dan 4 tak akan dijelaskan pada pembahasan selanjutnya.

Perbedaan genset mesin 2 tak dan 4 tak

Berdasarkan fungsinya, berikut perbedaan dari genset mesin 2 tak dan mesin 4 tak:

Genset mesin 2 tak

Jadi, perbedaan dari mesin 2 tak dan 4 tak pada genset itu terletak pada sistem kerja dari kedua jenis tersebut. Untuk sistem 2 tak torsinya tak terlalu besar. Selain itu, rangkaian kabel genset 2 tak dan komponen mesin-mesinnya juga jauh lebih sedikit ketimbang yang mesin 4 tak.

Dengan komponen mesin yang kecil ini, genset dengan mesin 2 tak bentuknya juga lumayan kecil. Genset mesin 2 tak umumnya digunakan untuk kebutuhan pasokan listrik dengan daya sampai 1.000 watt.

Genset mesin 4 tak

Dilihat dari kapasitasnya, genset mesin 4 tak memang jauh lebih besar ketimbang genset mesin tak. Jika jenis 2 tak hanya berdaya kurang dari 1.000 watt, maka untuk yang 4 tak mempunyai kapasitas sekitar 1.500 sampai 10.000 watt.

Dengan kapasitas yang besar tersebut, genset mesin 4 tak ini sangat cocok untuk kebutuhan usaha maupun pribadi. Tak hanya itu, genset ini juga terkenal ramah lingkungan dan juga irit bahan bakar.

Itulah ulasan seputar fungsi genset, jenis serta perbedaan genset 2 tak dan 4 tak yang perlu Anda ketahui, semoga bermanfaat.