Pengertian dan Jenis Genset yang Perlu Diketahui

Sebagian dari Anda mungkin sudah sering menggunakan generator set atau yang sering disebut genset. Namun apa sebenarnya pengertian dan jenis genset yang umum digunakan saat ini?

Pengertian genset atau generator set

Genset adalah kepanjangan dari generator set. Alat generator listrik ini dulunya terbuat dari kawat besi dengan bentuk U yang kemudian dililitkan dengan kawat.

Fungsi genset adalah untuk membantu menghidupkan listrik PLN yang padam. Tak hanya itu, mesin ini juga berguna untuk memaksimalkan penggunaan alat-alat yang berhubungan dengan daya listrik.

Bagian-bagian genset terdiri dari 9 komponen, yaitu mesin, alternator, tangki bahan dan juga Voltage regulator.

Selain itu, masih ada juga komponen lain seperti Exhaust Cooling, System Lubricant, control panel dan juga frame atau kerangka utama.

Jenis-jenis genset yang perlu Anda ketahui

Untuk jenisnya genset dibedakan menjadi beberapa macam antara lain adalah sebagai berikut:

Gasoline generators

Sewa Genset Pekanbaru – Gasoline generators merupakan jenis generator set yang bahan bakar utamanya adalah bensin. Mesin genset yang satu ini adalah proses pengembangan dari mesin genset yang sebelumnya menggunakan bahan bakar solar.

Genset gasoline terbagi menjadi dua macam jenis antara lain genset 4 tak dan juga genset 2 tak. Keduanya memiliki fungsi yang sama namun beda dari spesifikasinya.

Untuk spesifikasinya, genset 2 tak mempunyai torsi yang bisa dibilang lumayan cukup besar. Namun meski demikian, ia mempunyai komponen yang cukup sedikit dibandingkan genset mesin 4 tak.

Genset mesin 2 tak juga sangat tidak cocok untuk Anda yang membutuhkan daya kurang dari 1000 watt. Sedangkan pada jenis yang 4 tak sangat cocok untuk usaha yang membutuhkan daya 1500 watt sampai 10.000 watt.

Genset 4 tak juga terbilang lebih hemat bahan bakar serta lebih ramah lingkungan. Selain itu, output genset 4 tak juga masih menggunakan arus single phase.

Diesel Generators

Kedua, ada diesel generators yang menggunakan bahan bakar diesel yang cukup familiar digunakan hingga saat ini. Diesel generators umumnya digunakan dalam hal menyuplai kinerja daya pada sebuah acara besar yang juga membutuhkan daya cukup besar.

Untuk masalah kapasitas dayanya, genset diese ini terbiang mempunyai kapasitas daya yang cukup besar. Bahkan daya output dari genset ini sekitar 10.000 hingga mencapai 100.000 watt.

 

Genset Gas

Sesuai dengan namanya, genset ini menggunakan bahan bakar gas antara lain gas LPG dan CNG. Untuk dunia industri, biasanya menggunakan jenis genset yang menggunakan bahan bakar CNG.

Genset CNG biasanya didistribusikan menggunakan pipa gas yang sekaigus menjadi infrastruktur utamanya. Harga dari genset ini terbilang mahal sehingga hanya industri-industri besar yang menggunakannya.

Genset Portabel

Sesuai dengan namanya, genset ini praktis untuk dibawa kemana-mana dan berukuran lumayan kecil. Ia biasa digunakan untuk kebutuhan listrik di perkemahan atau lapangan yang tak membutuhkan daya yang terlalu besar.

Genset Turbin

Kelima ada genset turbin dengan daya yang dapat mencapai hingga 2.000.000 watt atau 2MV. Kekuatan dayanya diklaim dapat menyinari seluruh kota kecil dengan saling menggabungkan beberapa turbin.

Genset urine

Terakhir ada genset urine yang ditemukan oleh empat pelajar asal Afrika. Sesuai dengan namanya, genset ini menggunakan bahan dasar urine. Kabarnya, satu liter urine dapat menghasilkan daya listrik hingga kurang lebih satu jam lamanya.

Dari 6 jenis genset tersebut, jenis gasoline dan diesel adalah yang paling umum digunakan. Selain lebih murah, bahan bakar genset tersebut juga mudah ditemukan.

Itulah tadi ulasan seputar pengertian dan jenis genset yang perlu Anda ketahui. Semoga bermanfaat!