Mengenal Beda Genset Open dan Genset Silent

Sewa Genset Pekanbaru – Genset atau generator set adalah suatu mesin yang dapat menghasilkan arus listrik. Genset digunakan sebagai sumber listrik cadangan apabila terjadi pemadaman listrik dari PLN. Terdapat 2 jenis genset yaitu genset open dan genset silent. Apa beda genset open dan silent. Simak dalam artikel ini.

Perbedaan Genset Open dan Silent

Genset Open atau disebut juga genset tipe terbuka adalah genset yang tidak memiliki penutup artinya tidak dilengkapi dengan canopy / rumah genset.

Genset tipe ini biasanya dipakai untuk pengguna yang memiliki powerhouse sendiri serta dirancang khusus untuk ditempatkan  di dalam ruangan.

Sedangkan Genset Silent dibuat lengkap dengan canopy atau penutupnya, sehingga menghasilkan suara tidak begitu nyaring. Canopy tersebut juga berfungsi sebagai pelindung mesin dari hujan dan panas.

Canopy tersebut terbuat dari material plat besi yang dilapisi oleh busa peredam. Lapisan tersebut menghasilkan peredam yang sangat baik, jadi suara yang dikeluarkan mesin genset pun  tidak bising.

Itulah perbedaan dari genset open dan genset silent. Selanjutnya, akan dibahas tentang kelebihan dan kekurangan genset silent dan open di bawah ini.

 

Kelebihan Genset Silent

Adapun kelebihan genset silent antara lain:

  • Memiliki canopy sehingga dapat meredam suara yang dikeluarkan dari mesin genset ketika beroperasi jadi tidak menimbulkan suara yang bising.
  • Selain itu juga adanya canopy dapat melindungi genset dari segala cuaca. Canopy pada genset ini juga mempunyai pintu dan kunci sehingga hanya dapat diakses oleh operator tertentu.
  • Canopy yang ada pada genset silent melindungi dari pengaruh eksternal. seperti pengaruh cuaca. Cuaca yang berubah – ubah terkadang panas dan terkadang hujan dapat memberikan dampak buruk pada genset bila dibiarkan terkena begitu saja.

Dengan adanya canopy maka akan melindungi genset dari hujan maupun panas matahari langsung, jadi, genset tipe ini aman bila ditempatkan pada lahan terbuka.

  • Perawatannya mudah, seperti mesin- mesin pada umumnya mesin genset silent juga memerlukan perawatan yang harus dilakukan secara rutin. Tapi Anda tidak usah membayangkan cara perawatan yang rumit dan sulit.

Karena genset silent biasanya dirancang dengan kanopi yang mempunyai  knockdown system, dan sistem tersebut memudahkan akses pada setiap komponen-komponen genset, sehingga menjadikan perawatannya mudah dibandingkan dengan genset tipe lain.

Kekurangan Genset Silent

Genset silent memiliki 2 kekurangan, yakni yang pertama harganya yang mahal bila dibandingkan dengan genset jenis lainnya. Hal ini karena dilengkapi canopi untuk penutup genset jenis ini.

Selain harganya yang mahal, adanya canopi juga menyebabkan ukuran fisik genset ini jadi lebih besar dan memakan tempat saat disimpan. Itulah kekurangan lainnya dari genset silent.

Kelebihan Genset Open

Ada beberapa kelebihan genset open antara lain:

  • Memiliki kualitas yang prima
  • Harganya relatif murah dibanding genset tipe lain
  • Dapat berfungsi sebagai genset paralel atau sinkron sehingga dapat digunakan untuk membantu beberapa genset lainnya.
  • Perawatannya relatif mudah

Kekurangan Genset Open

Selain memiliki kelebihan di atas, genset open juga memiliki kekurangan yakni mengeluarkan suara yang berisik dan keras. Hal ini karena tidak adanya kanopi atau penutup yang dapat meredam suara.

Karena mengeluarkan suara yang bising tersebut karena itulah genset open cocok ditempatkan pada luar  ruangan, bila ditempatkan di dalam ruangan dikhawatirkan akan mengganggu aktivitas Anda dalam ruangan.

Kedua jenis genset bisa digunakan tergantung dari kondisi dan lingkungan dimana genset tersebut akan ditempatkan. Jadi, pilih genset yang tepat dengan mengetahui kegunaan masing-masing genset tersebut.

Demikianlah, informasi mengenai beda genset open dan silent. Semoga dapat menjadi referensi dan pengetahuan Anda mengenai  mesin genset.