Manfaat dan Cara Genset Menghasilkan Listrik

Meski sudah sering menggunakan, api masih ada juga loh orang yang belum tahu tentang cara genset menghasilkan listrik. Nah, jika itu adalah Anda silakan scroll artikel ini ke bawah untuk mendapatkan jawabannya. Eits sebelum itu cari tahu dulu yuk tentang kegunaan dari genset.

Kegunaan genset selain sebagai pengganti listrik yang padam

Selain sebagai pengganti saat listrik sedang padam, genset rupanya juga mempunyai kegunaan lain. Alat ini juga bisa digunakan ketika mengerjakan proyek di luar ruangan yang jauh dari jangkauan listrik.

Indonesia adalah salah satu negara yang kerap mengalami pemadaman listrik oleh `PLN. Bagi para pengusaha, ini jelas membawa kerugian terutama mereka yang bergerak dalam bidang industri.

Untuk itulah, mereka menggunakan alternatif lain untuk menjaga pasokan listrik dengan menggunakan genset. Selain itu, genset juga kerap digunakan pada daerah terpencil yang masih belum teraliri listrik.

Dari beberapa ulasan di atas, dapat diambil kesimpulan bahwa genset menunjang kinerja Anda dalam kehidupan sehari-hari.

Komponen mesin genset

Saat ini banyak instansi pemerintahan, industri, rumah tangga hingga sekolah menggunakan listrik. Meski demikian, tak selamanya listrik dapat digunakan secara lancar.

Kadang pengguna listrik juga harus menerima kenyataan listrik yang digunakan dipadamkan PLN. Untuk itu, mereka membutuhkan alat bantu yang dinamakan genset.

Sebelum Anda mengetahui cara kerja genset, ketahui dulu komponen utama yang berguna untuk menghasilkan listrik. Jadi, komponen genset terdiri dari control panel, engine, voltage regulator, alternator, lubrication system, fuel system, cooling and exhaust system dan main assembly.

Semua komponen tersebut yang nantinya akan menghasilkan listrik yang sesuai dengan kebutuhan penggunanya.

Lantas, bagaimana sih sebenarnya cara kerja genset hingga dapat menimbulkan daya listrik?

Bagaimana cara genset menghasilkan listrik?

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, generator set atau genset terdiri dari berbagai jenis komponen. Pada komponen mesin enginenya, berfungsi sebagai bahan bakar yang umumnya menggunakan bensin maupun solar.

Proses kerja genset menurut ilmu fisika adalah engine akan memutar rotor di dalam generator. Setelah itu, akan menimbulkan sebuah medan magnet yang berada pada anggota kumparan generator.

Setelah itu, bagian medan magnet ini akan bekerja dan menggarap sebuah jalinan dengan rotor. Jalinan ini kemudian akan berputar yang kemudian dapat menimbulkan sebuah aliran arus listrik.

Pada dasarnya, sistem kerja genset adalah merubah tenaga mekanis menjadi tenaga listrik. Perubahan ini terjadi setelah melewati sebuah proses yang biasa disebut dengan induksi elektromagnetik.

Proses ini nantinya akan menghasilkan alternator atau arus bolak-balik (AC) yang dapat menyuplai listrik saat terjadi gangguan. Suplai ini kemudian digunakan sebagai beban prioritas.

Saat terjadi pemadaman, genset akan beroperasi dalam kurun waktu sepuluh detik. Setelah sepuluh detik, arus listrik yang disalurkan baru dapat digunakan sebagai pengganti listrik yang padam.

Dari pembahasan di atas, dapat diambil kesimpulan bahwa genset adalah sebuah alat yang sangat dibutuhkan dewasa ini. Terutama untuk pengusaha, instansi atau industri yang teramat bergantung pada arus listrik.

Sistem kerja genset umumnya adalah merubah tenaga mekanis menjadi tenaga listrik. Perubahan ini terjadi setelah melewati sebuah proses yang biasa disebut dengan induksi elektromagnetik.

Genset biasanya akan mulai beroperasi setelah sepuluh detik listrik mengalami pemadaman. Setelah sepuluh detik, arus listrik yang disalurkan baru dapat digunakan sebagai pengganti listrik yang padam.

Jadi itulah pembahasan kali ini seputar bagaimana cara genset menghasilkan listrik. Jangan lupa share artikel ini agar banyak orang yang paham tentang genset dan juga bagaimana cara kerjanya.