Ini 8 Alasan Perlunya Memiliki Genset Sendiri

Listrik adalah kebutuhan utama, tak hanya dalam sebuah tempat usaha namun dalam sebuah rumah juga. Karena hampir semua mesin atau peralatan yang dijalankan perlu aliran listrik untuk dapat beroperasi. Itulah salah satu alasan memiliki genset sendiri itu amat penting.

alasan mengapa perlu memiliki genset sendiri

Selain itu, masih ada beberapa alasan mengapa perlu memiliki genset sendiri, yaitu:

Sebagai cadangan aliran listrik dalam keadaan darurat

Salah satu alasan mengapa kalian harus memiliki genset pribadi yakni sebagai cadangan aliran listrik dalam keadaan darurat, misalnya pada saat terjadinya  pemadaman listrik oleh PLN.

Itulah satu hal yang paling menguntungkan memiliki genset. Jadi, berapa lama pun listrik padam, tidak akan berpengaruh pada kinerja listrik di tempat Anda berkat memiliki genset.

Genset mempunyai kapasitas yang tidak bisa dianggap sepele

Genset memiliki beberapa jenis kapasitas, mulai dari yang hanya bisa menyalakan listrik saja, hingga yang dapat menyalakan banyak mesin sekaligus. Tentu kapasitas itu  sesuai dengan yang Anda pilih saat membelinya.

Harga genset relatif terjangkau.

Genset dijual dengan bermacam harga tergantung dari besaran kapasitasnya. Selain itu tipe genset serta lokasi tempat Anda membelinya juga menentukan harganya.

Tapi, dari harga pasaran umumnya semua tipe dan kapasitas genset mempunyai harga yang relatif terjangkau dan wajar buat diperjualbelikan pada masyarakat umum.

Genset memiliki manfaat yang besar

Genset memiliki banyak manfaat, terutama ketika memasuki saat-saat yang sangat krusial. Pastinya Anda tak mau kan kehilangan kesempatan emas begitu saja karena PLN adanya pemadaman listrik?

Karena itu, tidak ada salahnya untuk membeli genset yang dapat digunakan untuk dirumah maupun tempat usaha Anda.

Perawatan genset relatif mudah

Sama halnya seperti sepeda motor atau mesin lainnya yang Anda miliki, genset juga perlu perawatan. Anda hanya perlu melakukan perawatan dengan cara membersihkannya dari debu, kotoran atau minyak yang menempel pada genset.

Baca Juga  : Sewa Genset Pekanbaru

Di samping itu Anda juga harus melakukan pengecekan secara rutin. Bila ada bagian genset yang tidak dapat berfungsi atau mungkin mengeluarkan suara yang tak biasa.

Sebaiknya segera ganti dengan komponen genset  yang baru, sehingga dapat berfungsi kembali.

Sparepart genset cukup mudah dicari

Genset cukup mudah ditemukan dimana saja, misalnya di toko yang menjual mesin – mesin khusus. Bahkan pada toko besar yang biasa menjual peralatan rumah tangga juga menyediakan genset.

Begitu pula dengan sparepartnya sangat mudah dicari sejak banyak penggunanya.

Genset zaman sekarang memiliki  kedap suara dan kuat dalam berbagai cuaca

Sebagian masyarakat biasanya menyepelekan ketangguhan mesin genset. Ada juga yang bilang bahwa mesin genset mengeluarkan suara yang bising, fisiknya tidak tahan terhadap terpaan air hujan dan panas matahari langsung.

Tapi kenyataannya, semua anggapan miring mengenai genset tersebut dapat dipatahkan oleh produsen genset yang kini telah mampu menghasilkan genset yang kedap suara, yang tidak mengeluarkan suara bising  serta tahan terhadap segala cuaca.

Sebagai peluang usaha

Alasan kenapa banyak orang lebih memilih menggunakan genset pribadi juga karena beberapa keuntungan yang didapat dari memilikinya, Anda juga bisa memanfaatkan mesin genset untuk peluang usaha Anda dengan cara menyewakannya kepada masyarakat yang tengah membutuhkan aliran listrik.

Pengguna genset setiap tahunnya semakin meningkat seiring makin pentingnya kebutuhan listrik untuk kehidupan sehari-hari.

Itulah 8 alasan memiliki genset sendiri itu sangat perlu bagi kehidupan sehari-hari. Bukan hanya untuk di tempat usaha tapi dalam sebuah rumah pun genset diperlukan sebagai cadangan arus listrik bila terjadi pemadaman listrik PLN.