Cara Merawat Genset Bensin dengan Baik dan Benar

mutiararimbo.com – Genset bensin adalah salah satu jenis generator set yang menggunakan bahan bakar bensin. Dibandingkan dengan genset diesel, cara merawat genset bensin terbilang cukup mudah dan tidak terlalu ribet.

Artikel ini akan membahas seputar cara perawatan genset bensin dengan baik dan benar. Jadi, pastikan Anda menyimaknya hingga selesai.

Tips dan cara merawat genset bensin yang baik dan benar

Genset bensin termasuk dalam jenis generator set yang banyak dicari dan digunakan. Selain itu, ia juga terbilang lebih murah dan mempunyai performa yang unggulan.

Untuk menjaga performa ada beberapa SOP perawatan genset bensin yang wajib Anda perhatikan. Ini dapat Anda lakukan dengan cara membaca text box bawaan atau memperhatikan cara berikut ini:

Pahami tentang instruksi buku panduan

Jika Anda membeli genset, itu berarti Anda sudah paham tentang cara pengoperasian mesin genset. TakĀ  hanya tentang cara menghidupkan namun juga tentang pengisian aki dan juga oli.

Semua ini sudah dijelaskan pada buku panduan yang sudah ada dalam satu paket mesin genset. Anda dapat meminta bantuan orang lain jika belum paham tentang cara memahami buku panduan.

Pastikan kabel genset terpasang dengan benar

Hal yang paling penting dalam cara merawat genset bensin adalah memastikan semua kabel terpasang dengan benar. Ini merupakan salah satu cara agar tidak menimbulkan korsleting listrik pada genset.

Baca Juga : Sewa Genset Pekanbaru

Jangan sekali-kali menyentuh bagian terminal output saat mesin tengah beroperasi. Sebelum memasang kabel, pastikan MCCB sudah dalam keadaan off atau mati.

Letakkan genset pada posisi yang sesuai

Agar genset tetap awet, jangan meletakkannya pada ruang lembab dengan sirkulasi udara yang kurang baik. Ini bertujuan agar kondisi mesin tetap dingin dan gas tidak akan terhirup oleh manusia.

Bersihkan area tempat Anda menaruh genset dari hewan-hewan pengganggu seperti tikus. Ini berlaku untuk Anda yang berniat menaruh genset bensin di dalam ruangan.

Sedangkan jika ditaruh di luar ruangan, pastikan beri perlindungan di bagian atasnya seperti kanopi. Letakkan genset pada permukaan yang rata agar tidak terjadi pergeseran ataupun semacamnya.

Jaga kebersihan mesin genset

Cara merawat genset bensin selanjutnya adalah menjaga kebersihan mesin genset. Pastikan bagian radiator generator mesin selalu dalam keadaan bersih tanpa adanya debu dan kotoran yang menempel pada bagian seal.

Selain itu, jaga permukaan genset juga selalu dalam keadaan bersih. Anda dapat melakukan perawatan dengan cara mengelap bagian-bagian genset secara berkala.

Kemudian, pastikan bahwa kabel genset selalu dalam keadaan baik, tidak lecet atau mengalami kebocoran. Jika Anda lalai, hal ini dapat menyebabkan korsleting listrik pada mesin genset.

Perhatikan masalah bahan bakar

Karena bahan bakar dari genset Anda adalah bensin, maka Anda harus berhati-hati saat mengisi bahan bakar. Sebisa mungkin, hindarkan dari bahan-bahan yang mudah terbakar saat sedang mengisi bahan bakar.

Tak hanya itu, jangan lupa juga untuk melapisi bagian kabel, mesin genset agar mesin tidak mudah kotor. Bensin juga dapat menimbulkan masalah pernafasan, sehingga Anda harus hati-hati saat proses pengisian.

Terakhir buatlah jadwal perawatan genset agar Anda paham kapan harus segera di service. Buat daftar pengisian air aki ataupun oli paling tidak satu kali dalam sehari setelah mesin genset digunakan.

Lakukan perawatan dengan menggunakan sistem grounding

Terakhir adalah melakukan perawatan dengan menggunakan sistem grounding. Ini merupakan sebuah sistem yang dapat membuat mesin selalu dalam keadaan stabil ketiak ada kelebihan-kelebihan arus listrik.

Dengan melakukan sistem grounding ini, kondisi mesin genset bensin Anda akan selalu dalam keadaan baik. Cara ini juga dapat membuat mesin genset awet dan tetap bertenaga.

Jadi itulah 6 cara merawat mesin genset bensin yang baik dan benar. Jangan lupa share artikel ini ke akun media sosial Anda ya. Terima kasih.