Cara Menghitung Kebutuhan Genset Dengan Tepat

Sebagai kebutuhan utama genset tak hanya diperlukan untuk kantor/pabrik, namun di rumah pun perlu adanya genset untuk tetap dapat menikmati listrik saat listrik PLN padam. Lalu bagaimana cara kita tahu berapa besar kapasitas genset yang diperlukan? Simak cara menghitung kebutuhan genset di sini.

Menghitung Kebutuhan Genset Dalam Rumah Tangga

Untuk menghitung kebutuhan kapasitas genset dalam rumah tangga, sebaiknya Anda pilih dahulu bagian-bagian mana saja yang butuh aliran listrik saat terjadi pemadaman listrik PLN.

Hitunglah pada bagian yang penting saja untuk menghemat kebutuhan genset. Bila Anda menggunakan seluruh bagian rumah untuk dialiri listrik tentu mengakibatkan besarnya kapasitas genset. Hal ini pastinya akan mengeluarkan banyak biaya dari segi pembelian ataupun sewa genset.

Artikel Terkait : Sewa Genset Pekanbaru

Misalnya saat terjadi pemadaman listrik yang dibutuhkan dalam rumah Anda adalah penerangan, magic com, kulkas, pompa air, komputer, televisi total 900 watt.

Lalu kemudian kalikan kebutuhan tersebut menjadi 1.800 watt atau 1,8 KW (kilo watt).

Cara menghitung kebutuhan KVA genset, maka dapat menggunakan rumus menghitung kapasitas generator genset. Cara menghitungnya yaitu KVA=KW dibagi 0,8, angka 0,8 merupakan nilai konversi yang digunakan untuk mengubah KW ke KVA.

Bila dalam rumah Anda yang dibutuhkan adalah 1.800 watt (setelah dikali 2) maka sama dengan 1,8 KW, jadi KW dibagi 0,8, dan hasilnya yaitu KVA=2,25.

Genset dengan kapasitas yang mendekat angka tersebut adalah genset dengan 2,5 KVA atau bisa juga 3 KVA.

KVA adalah simbol perhitungan yang digunakan untuk menentukan kapasitas genset. Biasanya kapasitas genset di pasaran mulai dari 450 VA 900 VA, 2000 VA atau 2 KVA, 2,5 KVA, 5 KVA dan lain-lain.

Menghitung Kebutuhan Genset Dalam Kantor atau Pabrik

Cara menghitung kebutuhan listrik genset dalam kantor atau pabrik Anda bisa gunakan cara-cara seperti berikut:

  • Menghitung kebutuhan daya listrik keseluruhan

Sebagai cadangan aliran listrik di kantor atau pabrik,  genset mempunyai kapasitas sesuai dengan kebutuhan. Untuk menghitung berapa jumlah kapasitas yang dibutuhkan dalam perkantoran atau pabrik, maka Anda harus menghitungnya dengan cermat.

Buatlah daftar rincian seluruh peralatan dan mesin kantor/pabrik yang memakai aliran listrik.  Setiap daya harus dihitung supaya genset dapat memenuhi semua kebutuhan listrik saat adanya pemadaman listrik PLN.

Bila Anda sudah menjumlahkan besarnya daya dari keseluruhan peralatan dan mesin kantor/pabrik, selanjutnya Anda bisa menghitungnya dengan menggunakan rumus seperti menghitung kebutuhan genset di rumah.

Setelah mendapatkan hasilnya barulah Anda bisa menentukan berapa besarnya kapasitas genset yang dibutuhkan kantor/pabrik Anda.

  • Pertimbangkan lokasi pabrik/industri

Lokasi pabrik yang terpencil yang tidak terjangkau aliran listrik konvensional akan memerlukan aliran listrik yang lebih banyak.  Selain itu akses jalan menuju lokasi pun bisa mempengaruhi besarnya kapasitas genset yang dibutuhkan.

  • Memperkirakan kebutuhan aliran listrik

Tak hanya perkantoran atau industri pabrik saja yang membutuhkan pasokan listrik, tapi daerah yang terpencil dan belum mendapatkan aliran listrik justru memerlukan genset untuk aliran listrik utama.

Terlebih suatu proyek yang melakukan pengerjaan proyek pada daerah pelosok, misalnya proyek pengeboran minyak dan pertambangan. Bila genset dipakai sebagai sumber utama aliran listrik, maka Anda harus pilih tipe genset yang mempunyai kapasitas lebih besar daripada kebutuhannya.

Nah, itulah informasi mengenai cara menghitung kebutuhan genset yang diperlukan untuk menentukan besarnya kapasitas genset yang akan Anda beli, semoga bermanfaat.