Cara Ganti Oli Genset 2 Tak dengan Benar

Apakah Anda memiliki genset 2 tak? Jika iya, Anda jangan terus menerus memakainya saja. Anda perlu mengetahui cara ganti oli genset 2 tak dengan benar.

Mengapa demikian? Hal ini karena dengan mengganti oli dengan takaran oli genset 2 tak yang sesuai, maka Anda akan mendapatkan berbagai macam manfaat. Dengan demikian, daya pakai dari genset menjadi lebih panjang dan optimal.

Manfaat Ganti Oli Genset

Ada beberapa manfaat ganti oli agar genset awet yang perlu Anda ketahui untuk menunjukan seberapa penting melakukan hal ini. Antara lain:

  • Usia dari berbagai komponen yang ada pada genset akan menjadi lebih panjang.
  • Komponen akan bebas dari karat.
  • Getaran yang timbul dari mesin akan lebih minimum jika genset rutin diganti.
  • Mesin dari genset menjadi tidak mudah aus.

Berbagai manfaat tersebut tentunya membuat Anda tak boleh melewatkan perkara ganti oli ini meskipun terlihat sangat sederhana.

Hal yang Perlu Disiapkan dalam Mengganti Oli

Sebelum melakukan cara mengganti oli, Anda perlu melakukan prakondisi agar tidak terjadi hal-hal yang tak diinginkan ketika proses ganti oli berlangsung. Beberapa hal yang perlu Anda kondisikan antara lain:

Posisi Mesin Genset

Anda harus memastikan bahwa genset dalam keadaan mati. Demikian halnya berbagai tools yang terhubung pada genset, itu juga perlu dipastikan. Ini penting karena dapat meminimalisir resiko korsleting.

Area Sekitar Genset

Selain mengkondisikan mesin gensetnya itu sendiri, Anda juga perlu memperhatikan area di sekitar genset. Diantaranya dengan melakukan sterilisasi area sekitar genset agar bebas dari kotoran atau debu.

Artikel Terkait : Sewa Genset di Pekanbaru

Selain itu, agar cairan oli tidak terkontaminasi, Anda juga perlu menyingkirkan terlebih dahulu berbagai benda korosif di sekitar area penggantian oli. Kontaminasi dari benda ini berpotensi membuat genset nantinya overheat.

Pelindung

Anda juga sebaiknya menggunakan pelindung berupa sarung tangan serta masker jika Anda merasa aroma dari oli genset ini mengganggu atau memicu rasa jijik dan alergi tertentu. Harus diketahui, aromanya bagi sebagian orang mungkin membuatnya merasa pusing.

Oli

Agar kinerja genset bisa tetap optimal, sebaiknya oli yang Anda siapkan adalah oli yang akan Anda gunakan secara permanen. Tidak dianjurkan untuk bergonta-ganti jenis atau merk karena berpotensi mengganggu kinerja.Maka Anda perlu mencari tahu terlebih dahulu oli yang terbaik bagi genset Anda.

Alat-Alat

Untuk mengganti genset dua tak, alat yang disiapkan antara lain:

  • Corong untuk isi oli
  • Wadah penampung oli
  • Kunci-kunci
  • Koran bekas

Langkah Mengganti Oli Genset

Setelah memastikan semua sudah siap, Anda bisa mengikuti langkah berikut ini untuk memulai proses mengganti oli pada genset 2 tak ini:

  1. Buka tutup oli genset (seal) yang ada di bagian atas.
  2. Cek terlebih dahulu oli yang perlu diganti atau ditambahkan.
  3. Buka seal oli bagian yang bawah dan tunggu hingga semua oli bekas keluar dan habis.
  4. Tutup kembali seal oli bagian bawah ini lalu kencangkan agar tak ada celah.
  5. Masukkan oli yang sudah Anda siapkan melalui seal yang ada di bagian atas. Perhatikan batas atas genset dan pastikan agar tidak meluber.
  6. Setelah terisi dengan oli baru, Anda bisa menutupnya lagi dengan penutup seal atas. Pastikan kencang dan tidak memberi ruang bagi benda asing masuk.
  7. Selesai. Sekarang genset Anda bisa dinyalakan kembali dengan energi yang baru.

Nah, demikianlah cara ganti genset oli 2 tak yang benar. Semoga membantu Anda membuat genset menjadi lebih awet dan berkinerja maksimal.