6 Tips Memilih Genset untuk Rumah Tangga

Apakah Anda kesal dengan rumah yang tiba-tiba listriknya mati? Jika Anda mampu, sebaiknya Anda membeli genset. Namun, karena harganya yang lumayan, Anda juga tentunya perlu mengetahui tips memilih genset untuk rumah tangga.

Hal ini penting, karena jika Anda sembarangan membeli, bisa jadi genset untuk keperluan Anda tidak tepat guna. Bisa jadi karena kurang sesuai dengan kebutuhan listrik Anda, atau bahkan bisa karena memang tidak pas dan akhirnya tak terpakai.

Nah, untuk meminimalisir resiko tersebut, Kami akan membantu Anda dengan menyajikan tips dan trik memilih genset.

Tips Memilih Genset untuk Rumah Tangga

Setidaknya, ada 6 tips yang bisa membuat Anda memiliki rekomendasi genset untuk rumah yang akan Kami bagikan. Berikut ulasannya.

Ketahui Kebutuhan Listrik Rumah

Sebelum mencari genset, yang perlu Anda lakukan pertama kali adalah mengetahui berapa sih kebutuhan listrik di rumah Anda?

Hal ini perlu dijawab agar genset yang Anda beli bisa mengakomodir kebutuhan listrik ketika tiba-tiba mati listrik. Coba dihitung dan dipetakan mulai dari televisi, lampu, charger HP, pompa air, setrika, dan sebagainya.

Jangan sampai genset yang Anda beli nantinya tidak mampu menutupi kebutuhan listrik Anda.

Ketahui Jenis-Jenis Genset

Ketika Anda memutuskan untuk membeli genset dan melakukan browsing, Anda akan menemukan bahwa genset itu ada banyak macamnya. Ada jenis mesin genset yang bisa dipilih.

Mulai dari genset gas, genset diesel, genset bensin, genset portable, genset turbin, standby genset (dipasang), hingga bahkan genset urin.

Namun, untuk kebutuhan rumah tangga, genset yang relatif praktis digunakan adalah genset portable dan standby genset.

Jenis standby ini bahkan lumayan canggih karena bisa dipasang permanen sehingga secara otomatis bisa hidup ketika daya listrik mati.

Namun jika Anda perlu genset yang sekaligus bisa dibawa ke berbagai tempat, tentu genset portable bisa sangat bermanfaat.

Cari Tahu Merk Genset yang Berkualitas

Genset yang berkualitas adalah yang memiliki potensi awet dalam jangka panjang, memiliki keamanan, serta polusinya relatif bisa menyesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Untuk itu, Anda juga sebaiknya mencari tahu berbagai merk genset yang beredar di pasaran. Pastikan bahwa genset yang Anda beli nantinya bukan kaleng-kaleng, sehingga Anda bisa mendapatkan manfaat yang optimal dari pembelian yang dilakukan.

Anda bisa mencari ulasan atau menemukan berbagai testimoni pembeli sebagai pembanding dari informasi produk yang disajikan oleh penjual untuk mendapatkan kesimpulan yang lebih baik.

Cari Tahu Kapasitas Genset

Energi yang bisa dihasilkan oleh berbagai jenis genset juga tentunya beragam. Anda perlu mengetahuinya setelah memilih jenis serta merk yang akan dibeli.

Umumnya, kapasitas yang digunakan untuk keperluan rumah tangga ada di kisaran 1.000 kVA hingga 10.000 kVA. Anda tentu bisa menyesuaikannya dengan kebutuhan listrik di rumah Anda masing-masing.

Membandingkan Harga

Hal yang juga tak kalah penting untuk dilakukan adalah menyesuaikan dengan budget yang Anda miliki. Harga genset variatif dan Anda bisa mempertimbangkannya.

Untuk efektifitas pemilihan harga ini, Anda perlu mempertimbangkan berdasarkan variabel kebutuhan listrik Anda serta daya dari kapasitas genset incaran Anda. Keduanya harus terakomodir berapapun pilihan merk dan harga yang Anda putuskan.

Membeli di Tempat yang Terpercaya

Hal terakhir yang perlu dilakukan adalah melakukan pembelian di tempat terpercaya. Terlebih lagi jika Anda melakukannya secara online. Anda bisa mengecek langsung kepada penjual untuk bisa meningkatkan kepercayaan terhadapnya.

Bagaimana? Setelah membaca ini, kapan mau beli genset? Semoga tips memilih genset untuk rumah tangga ini bermanfaat ya.