4 Kerusakan Akibat Fungsi Baterai Pada Genset Tidak Maksimal

Apakah genset Anda saat ini rusak? Banyak hal yang menjadi penyebab kerusakan tersebut, salah satu yang paling sering ditemui adalah ketika fungsi baterai pada genset tidak maksimal.

Alhasil genset tidak bisa bekerja seperti biasa, berujung pada kerusakan berbagai komponen di dalamnya. Lantas apa saja kerusakan tersebut?

Dari Aki Bocor Hingga Mesin Tidak Menyala

Ada empat kerusakan yang dipengaruhi oleh fungsi dari baterai genset yang melemah, jika dibiarkan tentu genset tidak dapat lagi berfungsi sesuai skema genset dalam bekerja.

Berikut ini daftar komponen genset yang sering rusak akibat kondisi baterai yang kurang baik.

Aki Rusak

Walaupun alasan utama aki rusak biasanya adalah karena lupa menutup bagian atas aki atau penggunaan tanpa pengisian ulang air aki. Tapi pada beberapa kondisi, rusaknya aki juga dipicu oleh baterai genset yang sudah tidak layak pakai namun masih dipaksakan untuk bekerja.

Alhasil kondisi genset menjadi buruk, dan hanya bisa digunakan untuk jangka pendek. Jika dipaksakan untuk penggunaan durasi lama, akan menyebabkan mesin cepat panas dari biasa.

Genset Mati Mendadak

Ketika genset mati mendadak, hal itu bisa disebabkan kondisi baterai yang sudah tidak baik.

Sebab Anda kurang maksimal memeriksa kondisi baterai ketika genset dalam keadaan mati.

Harusnya setelah digunakan atau sebelum digunakan perlu pengecekan fungsi baterai pada generator set apakah tegangan outputnya masih stabil atau tidak.

Idealnya baterai yang berfungsi baik akan otomatis mengisi dayanya sendiri ketika genset dalam kondisi menyala.

Tapi ketika kemampuan genset berkurang, sudah waktunya Anda mengecek manual kondisi baterai tersebut. itu bisa jadi Penyebab genset tidak hidup atau mati mendadak.

Daya Genset Minim

Genset Anda hidup, tapi dayanya lemah atau tidak sama dengan kondisi normal, sehingga lampu yang tersambung pada genset mengalami redup.

Ini juga merupakan kerusakan yang diakibatkan kondisi baterai yang tidak lagi maksimal. jika dibiarkan maka genset bisa mati total.

Gagal Nyala

Saat ingin dinyalakan ternyata genset tak berhasil hidup seperti biasa, selain banyak komponen lain yang jadi penyebab gagal nyala tapi baterai bisa juga jadi alasannya. Prosedur kerja genset ketika dinyalakan mesin akan langsung mengambil daya dari baterai.

Untuk bisa hidup menghasilkan energi mekanik dan membutuhkan bahan bakar. Kemudian komponen lain juga ikut bekerja sesuai fungsi masing-masing, ketika di awal saja mesin tidak mendapatkan daya maksimal untuk bekerja tentu kinerja genset jadi minim.

Bagaimana Merawat Fungsi Baterai Pada Genset Agar Tetap Maksimal?

Ketika genset tidak bisa starter, kemungkinan penyebabnya adalah baterai yang sudah soak. Anda sebenarnya bisa meminimalisir terjadinya hal tersebut.

Cara pertama adalah dengan melakukan pengecekan kondisi baterai secara kontinu usai pembelian. Ini bisa meminimalisir kerusakan genset jangka panjang.

Artikel Terkait : Sewa Genset Pekanbaru

Kemudian Anda juga bisa melakukan pergantian berkala baterai genset, ketika kondisinya sudah tidak maksimal. Harga komponen genset yang satu ini tidaklah terlalu mahal, jadi biaya pembeliannya tidak akan membuat bengkak pengeluaran.

Biasanya ditandai daya genset yang lemah dari biasa, atau beberapa gejala sulit menyala lainnya. Harga baterai ini tergantung pada kapasitas dari genset itu sendiri, makin besar kapasitasnya akan semakin besar daya baterai dan harga baterai yang dipakai.

Perawatan selanjutnya bisa dilakukan dengan membersihkan secara rutin baterai genset tersebut. Kelembaban dan kotor akan berpotensi membuatnya cepat rusak, akibat korosi yang terjadi.

Anda bisa melepas kabel dan membersihkan bagian terminalnya. Jika perawatan dilakukan maksimal, maka kondisi baterai bisa dijaga agar awet lebih lama.

Itulah deretan kerusakan genset yang bisa terjadi akibat fungsi baterai pada genset yang menurun. Anda bisa mencegahnya dengan melakukan perawatan dan intensif melakukan pengecekan kondisi baterai. Jika tidak, maka umur genset tidak akan bertahan lama.